Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Kuliah

Bingung setelah lulus sekolah mau melanjutkan kuliah kemana? jurusan apa? itu yang selalu menjadi masalah semua siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. 


Kali ini saya akan membagikan beberapa hal yang menurut saya penting diperhatikan sebelum memilih tempat kuliah, hal penting itu adalah :

1. Minat dan Bakat
Sebelum kuliah, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Minat dan bakat diri kita masing-masing, pendidikan di Perkuliahan berbeda dengan di Sekolah Menengah Atas, meski ada beberapa Mata Kuliah Umum, kebanyakan Mata Kuliah yang kita pelajari lebih fokus ke Bidang Ilmu atau Program Studi yang kita pilih. untuk itu Minat dan Bakat ini akan menentukan kelancaran kita dalam menjalani Perkuliahan.

2. Memilih Program Studi
Setelah kita mengetahui minat dan bakat kita, selanjutnya adalah memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki. Tujuannya adalah agar kita tidak salah dalam memilih jurusan, tidak lucu rasanya kalau kita salah memilih jurusan. Karena selain kemampuan kita, jurusan kita saat kuliah juga mempengaruhi saat mencari kerja.

3. Memilih Perguruan Tinggi Sehat
Di indonesia terdapat 2 jenis perguruan tinggi, diataranya adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). kedua Perguruan Tinggi ini memiliki kualitas masing-masing. untuk saat ini, kualitas Perguruan Tinggi bisa dilihat dari nilai Akreditasinya, untuk melihat nilai akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi dapat dilihat di BAN-PT. Apabila Perguruan Tinggi dan Program Studi yang kita cari tidak ditemukan, maka ada kemungkinan Perguruan Tinggi tersebut tidak sah atau Ilegal. hal ini sangat penting diperhatikan, karena Ijazah yang kita terima nantinya tidak akan di akui oleh Negara. selain ke BAN-PT, untuk mengetahui Perguruan Tinggi tersebut Legal atau tidak, kita bisa menghubungi Dikti atau Koordinasi Perguruan Tinggi (Kopertis). Kopertis sendiri di indonesia terbagi menjadi 14 wilayah.

4. Peluang Kerja
Tujuan kita kuliah tidak lain adalah untuk mencari pekerjaan yang layak, namun tak menuntuk kemungkinan kita akan kesulitan mencari pekerjaan karenasaat ini begitu banyak orang yang mencari kerja dan sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia. inilah keuntungannya jika kita kuliah di Program Studi yang sesuai dengan minta dan bakat kita, apabila setelah lulus kita belum juga mendapatkan pekerjaan, kita bisa mencoba membuka usaha sesua dengan kemampuan yang kita miliki. Jika kita dapat sukses maka kita tidak perlu mencari kerja, malah kita dapat mencitpakal lapangan kerja.

5. Biaya
Setelah Minat dan Bakat, memilih Program Studi dan Perguruan Tinggi selesai, saatnya kita melihat kemampuan biaya kita, karena setiap Perguruan Tinggi memiliki biaya yang berbeda. Jangan berkecil hati apabilai biaya kita kurang, karena disetiap Perguruan Tinggi selalu ada beasiswa baik yang dari pemerintah maupun dari Perguruan Tinggi itu sendiri. Beasiswa yang disediakan pemerintah diatnaranya adalah Bidikmisi, PPA, dan BBM. Sedangkan yang dari Perguruan Tinggi biasanya Beasiswa dari Yayasan Penyelenggara. untuk mendapatkan beasiswa tersebut banyak macam persyaratan yang harus dipenuhi, berusahalah untuk mendapatkan Beasiswa saat kuliah, karena itu akan sangat membantu keuangan kita.


Demikian beberapa hal yang menurut saya penting untuk diperhatikan sebelum memilih untuk Kuliah. beberapa hal yang saya sampaikan diatas adalah berdasarkan pengalaman saya sebelum memutuskan untuk kulia. semoga bermanfaat untuk kita semua,

jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini.