Benarkah Orang yang Sudah Menikah Lebih Menarik?


Beberapa teman sedang gencar-gencarnya curhat pada saya, sebut saja namanya Ranti dan Angga. Mereka berdua - pada kesempatan berbeda - mengajukan pertanyaan yang sebetulnya sudah banyak diajukan teman lain dan isinya hampir sama, yaitu, "Kenapa sih orang yang sudah menikah itu jauh lebih menarik ketimbang yang belum?"

Bukan berarti saya tak punya pertanyaan yang sama. Di kantor saya saja, misalnya. Yang terlihat paling cantik, ganteng, dan mengagumkan, itu adalah orang-orang yang sudah menikah. Bukan berarti saya tak menganggap cowok/cewek lajang tidak menarik. Tapi, ketika mulut saya dipaksa mengucapkan nama, yah, yang keluar pasti deh nama-nama mereka yang sudah married itu - bahkan ada yang sudah punya anak segala.

Kata Angga, sampai saat ini dia selalu saja kagum dan naksir sama cewek yang sudah kawin. "Entah gimana, deh. Pokoknya gue cinta berat. Biarpun tuh cewek udah nyaranin gue untuk nyari cewek yang masih lajang, gue nggak bisa. Abis, dia nggak kayak cewek-cewek temen gue yang masih single. Selain cantik, dia itu punya sesuatu yang bikin gue tergila-gila."

Sesuatu itulah yang bikin Angga susah untuk beralih ke lain hati. Sejak terpaut pada 'binor' itu, semua cewek-cewek lajang di dunia selalu saja kalah kalau dibandingkan. Angga merasa cewek-cewek lajang tak akan mungkin bisa menyamai cara si X (namanya dirahasiain, biarpun ke saya) memperlakukannya. Katanya, sih, dia merasa jadi lebih berpengetahuan, lebih 'hidup', dan segala 'lebih' yang lain.

Cerita Ranti hampir sama saja intinya. Pokoknya, Mas K ini betul-betul hebat, deh, entah itu dari kepribadian, maupun cara memperlakukan wanita. Pokoknya, semua yang menurut Ranti nggak dimiliki cowok-cowok lajang.

Cerita mereka sebenernya lebih detail, tapi akhirnya saya menyimpulkan, bahwa yang membuat mereka kagum dan kelepek-kelepek itu karena orang yang sudah menikah mereka anggap lebih mandiri, lebih cepat tanggap akan perasaan orang lain, lebih tahu bagaimana memperlakukan orang lain - bukan hanya memperlakukan pasangannya, lebih bisa dipercaya karena 'mana mungkin ada orang yang mau kawin ama dia kalau dia nggak bisa dipercaya', lebih terbuka (namanya juga udah kawin, mereka lebih cepat tahu kalau ada sesuatu yang ditutup-tutupi), dan karena segala perilaku itulah, mereka jadi lebih menarik.

Ini tentu saja di luar fakta bahwa 'pacaran sama orang yang berkeluarga pasti deh asik, soalnya nggak ada tanggung jawab.' Nah, Anda punya pendapat? Jangan ragu-ragu melontarkannya. Pendapat yang menarik akan dirangkum dan ditayangkan di channel ini.