Cara Melalui Hari Tanpa Meninggalkan Shalat 5 Waktu

Shalat menurut bahasa adalah Doa dengan kebaikan, sedangkan menurut Syar'an adalah : Ucapan-ucapan dangerakan-gerakan tertentu yang diawali dengan Takbiratul ihram lalu diakhiri dengan salam. Mengenai gerakan-gerakan dalam shalat merupakan rukun shalat, bersandarkan pada Hadist hadits Shahih.

Didalam Agama Islam, Shalat hukumnya wajib dilaksanakan oleh semua pemeluk Agama Islam. Shalat wajib dalam islam tebagi menjadi 5 waktu, dimulai dengan Isya, Subuh, Dzuhur, Ashar, dan Maghrib. Belum pantas rasanya disebut seseorang beragama Islam apabila sering meninggalkan Shalatnya. 

Karena berbagai macam alasan yang dimiliki manusia, sering kali telat waktu untuk shalat, bahkan tidak sedikit dari mereka banyak yang meninggalkan shalatnya. Apa yang membuat shalat menjadi berat? padahal shalat paling lama hanya membutuhkan waktu 10 menit saja. bahkan pada saat diajak teman untuk shalat, selalu saja ada alasan yang dikeluarkan, misalnya : silahkan duluan, nanti saja, shalat dirumah aja, masih ada kerjaan, dan masih banyak lagi. kenapa mengajak untuh shalat itu sulit? karena yang kita ajak adalah HATI manusia, bukan fikiran manusia. Jika Hati manusia belum terbuka untuk melaksanakan sholat, makan fikiran dan tubuh manusia juga akan malas untuk melaksanakan shalat. jika hati kita sudah terbuka dan menyadari kalau shalat wajib kita laksanakan, maka fikiran dan tubuh kita akan mengikutinya.

berikut ini adalah beberapa cara mengatur waktu dalam kehidupan kita, agar kita tidak lagi telat melaksanakan shalat 5 waktu dan tepat waktu.

1. Shalat Subuh.
Kenapa dimulai dari shalat subuh, karena ini penting untuk mengawali hari yang akan kita lewati. Waktu shalat subuh dimulai pukul 04.40 WIB hingga matahari terbit, apabila kita shalat tepat waktu dan kita sempatkan untuk mengaji, katakan paling lama membutuhkan waktu 30 menit maka kita selesai pukul 05.10 WIB. kebanyakan orang setelah selesai shalat subuh mereka kembali tidur, ini salah... banyak kegiatan yang dapat kita lakukan setelah shalat subuh, diantaranya : 
Ayah: menyiapkan perlengkapan kerja, mulai dari pakaian, laptop, berkas, dan masih banyak lagi, bahkan bisa nyuci kendaraan kita.
Ibu : Menyiapkan sarapan untuk Suami dan anak, menyiapkan keperluan suami dan anak, membersihkan kamar dan rumah dan lainnya.
Anak : Belajar, menyiapkan peralatan sekolah, mandi, dan lainnya.
Anggap saja semua kegiatan itu selesai pada pukul 07.00 WIB, setelah selesai sarapan, kita mulai beraktifitas, Sang ayah berangkat kerja, Sang ibu melakukan pekerjaan rumah, ngerumpi, belanja, dan jika wanita karir bisa berangkat kerja, sang anak berangkat ke sekolah.
2. Shalat Dzuhur
Waktu shalat Dzuhur dimulai pukul 12.07 WIB, waktu ini sesuai dengan waktu istirahat kerja dan anak sekolah, waktu istirahat kerja pada umumny antara pukul 12.00 - 13.00 wib, setelah shalat dzuhur kita akan tenang saat makan siang dan melanjutkan aktifitas kembali.
3. Shalat Ashar
Waktu Shalat Ashar dimulai pukul 15.11 WIB, setelah selesai shalat ashar kita bisa menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai hingga waktu pulang kerja. biasanya waktu pulang kerja pukul 16.30 WIB. untuk anak sekolah biasanya pulang sekolah pukul 14.00, jarak waktu antara pulang sekolah hingga waktu ashar dapat digunakan untuk bimbel, mengerjakan tugas, dan bermain. setelah shalat ashar, segeralah pulang ke rumah.
setelah sampainya dirumah, kita bisa bersantai bersama keluarga, 30-60 menit dirasa cukup untuk bersendau gurau bersama keluarga untuk melepas lelah dan penat setelah melakukan aktifitas, setelah itu segera bersihkan diri untuk shalat Maghrib.
4. Shalat Maghrib.
Waktu shalat maghrib ini memiliki jarak waktu yang pendek, dimulai pukul 18.14 WIb. setelah selesai, jangan beranjak pergi dulu jika tidak ada keperluan penting, gunakanlah waktu antara shalat maghrib dengan shalat isya untuk mengaji dan mendalami ajaran islam.
5. Shalat Isya
Waktu shalat isya dimulai pukul 19.24 WIB. setelah selesai shalat isya, sang anak bisa menggunakan waktunya untuk belajar, bercengkrama dengan keluarga, sang ayah dan ibu bisa menonton tv sambil istirahat. atau jika ada keperluan lain, bisa dilakukan setelah shalat isya.
Dengan memaksimalkan waktu berdasarkan waktu Shalat, Insya'alloh hari-hari kita akan berjalan dengan lancar, aktifitas diatas hanyalah sebagai ilustrasi dan bisa disesuaikan, namun ingat, JANGAN PERNAH MERUBAH WAKTU SHALAT!!! Shalat yang baik adalah yang tepat pada waktunya...

demikian Cara Melalui Hari Tanpa Meninggalkan Shalat 5 Waktu, semoga bermanfaat bagi kita semua, jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman kita, mudah-mudahan juga bermanfaat bagi mereka, apabila ada kesalahan dalam artikel ini, mohon dikoreksi dan dikomentari.
 terimakasih suda berkunjung dan membaca artikel ini...