Tutorial Instalasi Windows 7 Lengkap dengan Gambar

Halo,, kali ini saya akan berbagi Tutorial Install Windows 7 Lengkap dengan Gambar, banyak yang belum mengetahui bagaimana cara instal windows 7 di PC maupun Laptop, tapi bagi siswa SMK yang jurusan komputer, mereka bisa menginstall ulang PC/Laptop miliknya sendiri, bagi kalian yang belum bisa, silahkan ikuti langkah-langkah menginstall windows 7 dibawah ini.


Sebelum melakukan instalasi windows 7, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah :
  1. Siapkan PC/Laptop yang akan diinstal
  2. Siapkan DVD Windows 7 (32 atau 64 bit)
  3. Siapkan Driver PC/Laptop
  4. Jika akan melakukan instal ulang, Backup etrlebih dahulu data penting yang ada di Drive C.

Setelah semua siap, saatnya melakukan instalasi. hehehe.... Langsung saja masukan DVD Windows 7, selanjutnya setting Bios agar boot ke CDROM, jika belum di setting, baca Cara Setting Booting Bios Ke CDROM.

Jika sudah, akan ada tulisan Press Any Key To Continue, terserah mau di teken tombol mana aja yang penting jangan tombol power nanti mati PC/Laptopnya, biasanya si tombol spasi yang ditekan. Setelah menekan sembarang tombol, aka akan muncul seperti ini.


rubah Time and curency format menjadi Indonesia, lalu klik next, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Klik Install now 

Centang I accept the license terms, lalu klik next.


Pilih Custom (Advanced).


Pilih Partisi yang akan di isi dengan Windows 7, karena ini hanya ada 1 partisi, maka langsung saja, tetapi di PC/laptop anda ada beberapa partisi, pilihlah partisi C, ukurannya sekitar 60 - 100GB, bisa di cek melalui My Computer. Pilih disk yang berisi windows dan klik Drive Options, lalu klik Format. Setelah Format lalu klik Next, windows akan memulai instalasi, kira-kira selama 30 menit, tergantung dari spesifikasi PC/Laptopnya.



sambil menunggu Proses Instalasi selesai, anda bisa membuat kopi atau membeli cemilan. Setelah itu PC akan restart sendiri beberapa kali, tunggu saja hingga saja hingga selesai.



Masukan Username (Nama Anda) dan nama Komputer Anda


Masukan Password untul PC/Laptop anda, jika anda tidak ingin menggunakan password, silahkan langsung klik next saja.


Selanjutnya masukkan Serial Key (jika anda memilike Serial Key), jika tidak punya hilangkan tanda centangnya dan klik next, windows anda akan trial dan expired dalam jangka waktu tertentu (biasanya 30 hari), untuk melakukan aktifasi bisa menggunakan Windows Loader agar windows anda menjadi full version. 


Pilih Ask Me Later


Atur waktu sesuai dengan wilayah Anda lalu klik next


 Tunggu hingga proses selesai, setelah selesai akan tampil halaman Dekstop


Keluarkan DVD dari PC/Laptop dan SELESAI !
Setelah selesai instalasi windows, selanjutnya install drivernya agar PC/Laptop dapat berfungsi dengan baik. 

Masalah yang sering dihadapi pada saat instalasi Windows adalah berhentinya proses instalasi atau error, kemungkinan besar hal ini disebabkan DVD windows anda sudah rusak atau terdapat masalah pada Harddisk, anda dapat mencoba menginstal PC/laptop lain atau menggunakan DVD lain untuk mengetahui apa yang rusak.

Demikian Tutorial Instalasi Windows 7 Lengkap dengan Gambar, Somgoa bermanfaat.